Lain Lain

Inilah Bagian-bagian Penting yang Ada Pada Mesin Bubut Mini

 

 

Mesin bubut mini merupakan mesin yang sering digunakan untuk melakukan proses bubut benda berukuran kecil atau ringan. Fungsi utama dari mesin yang populer ini untuk menyayat benda-benda sehingga akan menghasilkan uliran, yang nantinya lubang ulir ini akan Anda gunakan untuk memasang baut. Ada banyak jenis mesin bubut yang dikelompokkan berdasarkan dimensi/kegunaannya. Seperti mesin bubut standar, mesin bubut meja panjang, mesin bubut sedang, mesin bubut ringan atau mesin bubut tipe mini, dan mesin bubut sabuk.

Cara kerja mesin inipun tergolong sangatlah sederhana, yaitu dengan melakukan gerakan proses translasi sejajar yang terdapat pada bagian pahat mesin kemudian mengarahkan ke benda yang akan disayat. Pada saat proses pembubutan berlangsung, motor listrik tersebut akan menghasilkan putaran yang terjadi pada bagian main spindle atau poros utama yang berada di kepala tetap. Kemudian, selanjutnya poros utama akan meneruskan memutar benda melalui piringan hingga bagian roda gigi pada poros utama berputar.

Ketika Anda akan memulai sebuah pekerjaan yang didalam prosesnya menggunakan mesin bubut akan lebih baik apabila Anda telah mengetahui bagaimana cara kerjanya. Terlebih lagi dengan Anda mengetahui tata cara dalam menggunakannya maka Anda dapat untuk mengetahui pada beberapa bagian-bagian yang ada pada mesin bubut mini yaitu sebagai berikut:

  1. Kepala Tetap ( Head Stock).

Bagian ini terletak pada sebelah kiri mesin yang berfungsi sebagai pemutar benda kerja yang didalamnya terdapat transmisi roda gigi, didalam bagian ini terdapat beberapa bagian mesin yang berguna untuk memudahkan operator dalam melakukan pekerjaan. Contohnya, plat mesin, motor penggerak mesin, cakra bertingkat serta engkol pengatur pasangan roda gigi.

  1. Kepala Lepas.

Kepala lepas terletak pada bagian sebelah kanan mesin bubut, berfungsi untuk menopang benda kerja yang memiliki ukuran panjang. Jika Anda mengerjakan benda yang memiliki ukuran panjang, benda tersebut kemungkinan akan bengkong sehingga untuk mengantisipasinya benda harus dipotong terlebih dahulu di kepala tetap dan juga kepala lepas. Komponen lain yang juga terdapat pada bagian ini adalah pengunci poros, handwill , pengunci alat serta poros putar.

  1. Eretan (Carriage).

Ini adalah alat pada mesin bubut tipe mini yang berfungsi sebagai pemakan pada benda kerja dengan proses menggerakkannya secara bergantian ke kanan dan ke kiri. Pada saat proses tersebut berlangsung, eretan utama akan bergeser ke sepanjang meja dan membawa eratan lintang, dudukan padat, juga eretan atas.

  1. Meja Mesin, atau sering disebut juga alas kokoh yang memiliki fungsi sebagai penampung komponen yang terdapat pada mesin bubut lain yaitu kepala tetap , kepala lepas dan eretan.

Laju merupakan proses jalannya bagian pahat bubut dalam proses satu kali putaran benda kerja. Karena fungsi tersebut kelengkapan penting transmisi laju ini harus digerakkan bagian spindle kerja. Dengan ukuran yang kecil dan sederhana Anda bisa menempatkan mesin bubut ini dimeja atau ditempat lain dengan mudah. Selain fleksibel, mesin ini juga memiliki berat yang ringan sehingga Anda bisa memindahkan posisi benda ini dimanapun sesuai kemauan Anda.

Mesin ini juga memiliki banyak peminat dipasaran, maka tak heran jika banyak sekali situs jual beli online yang gencar mempromosikan mesin ini karena selain harga yang terjangkau mesin bubut mini juga sangat berfungsi dalam kegiatan perindustrian. Sehingga wajar saja bila banyak pekerjaan yang cepat terselesaikan dengan adanya bantuan menggunakan alat sederhana yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *